Umur 21 Tahun, Anda Sedang Apa?

70

Umur 21 Tahun, Anda Sedang Apa?

Pernahkah anda mendengar kisah orang-orang hebat yang telah mendunia meski usia mereka belia? Jika pernah, siapa yang pernah anda dengar?

Dahulu, di tahun 93 H, lahir seorang bayi laki-laki yang diberi nama Malik oleh ayahnya yang bernama Anas. Dengan harapan yang baik bahwa nantinya anak ini juga seindah namanya yaitu Malik, yang artinya penguasa. Anak ini tumbuh dan berkembang di tanah yang harum dengan wewangian Nubuwwah di kota Madinah Al-Munawwarah. Hingga nanti nama kota ini melekat pada gelarnya yaitu Imam Darul Hijrah yang berarti Imam kota hijrah Rasulallah Shalallahu’alaihi wa Sallam.

Tidak seperti remaja pada umumya, biasanya seorang remaja menghabiskan banyak umurnya untuk berfoya-foya, main kesana kemari, dan melakukan hal-hal negatif yang lainnya, namun remaja yang satu ini berbeda. Apabila remaja pada umumnya pindah dari tempat nongkrong satu ke tempat yang lainnya, remaja ini justru berpindah dari majlis ilmu yang satu ke majlis ilmu yang lainnya. Tercatat dalam sejarah bahwa dia mengambil ilmu lebih dari 900 orang guru. 300 orang dari kalangan Tabi’in dan 600 orang dari kalangan Tabi’ut Tabi’in. ia mengambil ilmu dari ulama-ulama besar di zamannya semisal Ayyub As-Sakhtiyani, Rabi’ah bin Abi Abdirrahman, dan ulama yang lainnya. Ia terus menerus mengambil ilmu dari lautan ilmu yang berada di sekitarnya hingga nantinya ia pun menjadi salah satunya di kemudian hari. Maka terbayang di benak kita bagaimana remaja kita ini menghabiskan masa mudanya.

Al-Imam Adz-Dzahabi berkata dalam kitabnya Siyar A’lam an-Nubala 8/57, “Malik bin Anas mencari ilmu saat usianya belasan tahun. Dan ia sudah menjadi Mufti dan pengajar di usia 21 tahun.” Ya benar, usia 21 tahun remaja kita sudah menjadi mufti besar kota Madinah. Usia yang sangat belia sekali. Sangat sulit ditandingi oleh remaja manapun di dunia ini kecuali hanya segelintir saja. Dialah Imam Darul Hijrah, Malik bin Anas Rahimahullah. Maka kita tanyakan ke dalam diri, khususnya anda para pemuda, usia anda 21 tahun anda sudah menjadi apa? Sudahkah seteguh Imam Malik, atau secerdas Imam bukhari, atau justru anda membiarkan masa muda anda berlalu begitu saja tanpa arti dan hal yang positif, kemudian di akhirat anda menyesal di hadapan Allah karena telah kehilangan masa emas itu.

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Partner Kami