Untuk Apa Masa Mudamu?

326

Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- pernah bersabda:

لا تزول قدم ابن آدم يوم القيامة من عند ربه عز وجل ، حتى يسأل عن خمس : عن عمره فيما أفناه ، وعن شبابه فيما أبلاه ، وعن ماله من أين اكتسبه ، وفيما أنفقه ، وما عمل فيما علم

"Tidaklah bergerser kaki anak Adam di hari kiamat di sisi Rabb-nya 'Azza wajalla, sampai ia ditanya mengenai lima hal:
- Umurnya untuk apa dihabiskan?
- Masa mudanya, untuk apa digunakan?
- Hartanya, darimana ia dapatkan dan untuk apa?
- Ilmunya, apa yang dia amalkan darinya?"

Dalam hadits di atas disebutkan masa muda sedangkan ia telah masuk dalam cakupan "umur". Lantas, apa istimewanya?

Dalam kaidah dikatakan: "Dzikrul khas ba'dal 'aam, littanbih ala fadhlil khas", yaitu penyebutan sesuatu secara tersendiri setelah penyebutannya secara umum, mengandung peringatan akan adanya keutamaan dari yang disendirikan tadi.

Contohnya adalah firman Allah Ta'ala:

حافظوا على الصلوات والصلاة الوسطى

"Jagalah shalat-shalat, dan juga shalat ashar" (QS Al Baqarah 238)

Shalat ashar sudah termasuk dalam cakupan "shalat-shalat", namun ia disebutkan secara tersendiri karena memang shalat tersebut mendapat tempat khusus dalam agama ini, misalnya dalam sabda Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- :

مَنْ تَرَكَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

"Siapa yang meninggalkan shalat ashar maka amalannya akan terhapus"

Yakni, siapa yang terlewat shalat ashar maka hal itu akan menghapus seluruh amalannya pada hari itu.

Contoh lain adalah firman Allah:

تَعْرُجُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

"Malaikat-malaikat dan juga Jibril naik kepada-Nya pada hari yang kadarnya seperti lima puluh ribu tahun"

Jibril termasuk dalam kategori malaikat, namun mempunyai keistimewaan tersendiri sebagai pemimpin atau penghulunya para malaikat.

Begitu pula masa muda, terdapat keistimewaan pada masa tersebut, karena beberapa hal:

1. Ia adalah masa yang paling panjang, yang jika dianggap ia dimulai dari usia 15 tahun dan berakhir di usia 40 tahun, maka totalnya 25 tahun. Masa yang cukup panjang untuk ditentukan apakah akan diisi dengan ketaatan ataukah kemaksiatan.

2. Masa muda adalah masa puncak kekuatan, stamina. Dari Ibnu Abbas:

اغتنم خمسا قبل خمس : شبابك قبل هرمك, وصحتك قبل سقمك, وغناءك قبل فقرك, وفراغك قبل شغلك وحياتك قبل موتك

"Pergunakan lima hal sebelum datang lima hal: waktu mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa senggangmu sebelum masa sempitmu, dan masa hidupmu sebelum matimu."

3. Masa muda adalah masa pencarian jati diri. Banyak orang mengenal kesesatan di masa muda, dan sebaliknya, mengenal sunnah juga di usia yang sama.

Rasulullah bersabda mengenai sala satu ciri-ciri Khawarij:

أَحْدَاثُ اْلأَسْنَانِ سُفَهَاءُ اْلأَحْلاَمِ

"Mereka adalah kaum yang masih belia dan lugu pemikirannya"

Maka masa muda ini masa kritis dan titik tolak seseorang, apakah selanjutnya akan menjadi ahlus sunnah ataukah ahli bid'ah. Oleh karena itu ini Waktu terbaik untuk belajar aqidah, sebagaimana dahulu Rasulullah mengajari Ibnu Abbas di masa mudanya, dengan bersabda:

يَا غُلاَمُ، إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ؛ احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ الأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ الأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ

"Wahai anak muda, aku akan mengajarimu beberapa kalimat: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. Ketahuilah, seandainya seluruh umat bersatu untuk memberimu suatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan andaipun mereka bersatu untuk melakukan sesuatu yang membahayakanmu, maka hal itu tidak akan membahayakanmu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering."

Perhatikan bahwa Rasulullah telah mengajari Ibnu Abbas -radhiyallahu 'anhuma- pelajaran aqidah mengenai meminta hanya kepada Allah dan mengenai aqidah terhadap takdir Allah, yang mana aqidah-aqidah dasar ini adalah benteng terhadap kesyirikan dan kesesatan.

Oleh sebab itu, mari pergunakan masa muda dengan sebaik-baiknya. Seorang ulama bernama Abuth Thayyib Ath Thabari, berumur sangat tua sekitar 100 tahun namun masih bisa meloncat, kata beliau:

هذه جوارح حفظناها عن المعاصي في الصغر، فحفظها الله علينا في الكبر

"Anggota badan ini kami jaga dari maksiat ketika masih muda, maka Allah pun menjaganya ketika kami sudah tua"

Dan hendaknya anak muda menjaga pergaulan agar tidak tersesat, baik dalam maksiat maupun dalam bid'ah. Anas bin Sirin mengatakan:

اتقوا الله يا معشر الشباب انظروا ممن تأخذون هذه الأحاديث فإنها من دينكم

"Bertakwalah kepada Allah wahai para pemuda, lihatlah dari mana kalian mengambil hadits-hadits, karena itu adalah bagian dari agama kalian!"

Amr bin Qais mengatakan:

"Jika kalian melihat pemuda tumbuh bersama ahli sunnah, maka berharaplah kebaikan padanya. Jika tumbuh bersama ahli bid'ah, maka tidak usah kau harapkan lagi dirinya."

Demikian, wallahu Ta'ala a'lam bish shawab.

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami